Selasa, 24 Januari 2012

Masak2 di hari sabtu


Sabtu kemaren niy,ada acara ngumpul keluarga satu ompung di rumah.
karna jumatnya gw ultah, ya udah sekalian gw bikin masakan yg enak enak.
Yang dah gw rencanain, ikan teri sambel pete , ayam gota , B2 arsik and sayur kacang panjang di tauco. Pertama ga yakin , bisa masak sebanyak ituh, tapi pedejaya dotcom aja deh...

Ke pasar jam 6 pagi, dan nyampe rumah jam 8. Semua bahan udah dibeli, kecuali lokio alias bawang batak yang ga nemu..lagi ga ada yang jual :(:(
ya wes...mulai deh memasak.

Untuk ayam gotanya, karna sebelumnya yang gw pernah bikin daging nya keras banget, kali ini gw beli ayamnya yang mudaan, trus gw rebus dulu, supaya empuk. Nah,sisa air rebusannya tetep gw pake, supaya rasa nya tetap maknyus...dan berhasil berhasil hore....ayamnya empuk dan maknyus.
Untuk ayam gota ini, gw pake 2 ayam dan 1/2 ons andaliman. Kebayang duonkkss gimana rasanya..
hehehe

Trus, untuk ikan terinya, masih sama bumbunya kayak sebelumnya, tapi kali ini ga pake lokio, pake pete doanks.

 
Kalau bab arsik...ini gw masak nya 3kg. untung ke pasarnya pagi2, jadi masih ada yang jual B2, secara rebutan ama orang cina buat dimasak pas imlek.
Untuk B2 arsik, bumbunya seperti ini yach

Bahan:
daging b2, dipotong gede gede (lebih gede dari bacap)
daun salam , daun jeruk dan sereh
rebung

Bumbu:
cabe merah
cabe keriting
bawang merah
bawang putih
lengkuas
kunyit secukupnya, supaya warnanya bagus
rias
Andaliman (kali ini makenya 1 ons, supaya mantap di lidah)

Cara Membuat bumbu:
1. Haluskan semua bumbu, kecuali andaliman
2. Haluskan andaliman

Cara Memasak:
1. Panaskan minyak, dan masukkan beberapa lemak babi, sampai keluar minyaknya
2. Tumis bumbu sampai wangi, kemudian masukkan sereh, daun jeruk dan daun salam
3. Setelah bumbu nya matang, masukkan daging b2
4. Tambahkan air, sampai daging nya empuk
5. Masukkan rebung dan aduk aduk terus.
6. Bila sudah matang, masukkan andaliman dan garam. Aduk sebentar, dan cicip, apakah rasanya sudah pas.
7. Siap dihidangkan


Untuk sayurnya, gw masak kacang panjang di tauco 
Bahannya:
Kacang panjang, dipotong panjang 4 cm
Tahu dan tempe dipotong dadu, dan digoreng
Udang basah
Tauco
Bawang merah (diiris tipis)
bawang putih (digeprek ajah)
Cabe Hijau (diiris tipis memanjang)

Cara memasak:
1. Panaskan minyak sedikit, kemudian goreng udang sampe matang
2. Masukkan Bawang merah, Bawang Putih dan cabe Hijau, tumis sampai wangi
3. Masukkan Tauco, dan di aduk sebentar
4. Masukkan kacang panjang, tahu dan tempe
5. Kemudian tambahkan air, garam secukupnya. Aduk sampai sayurnya matang.
6. Cicip dan siap disajikan :)









Tidak ada komentar: